Total Tayangan Halaman

Rabu, 23 Maret 2011

IBADAH DAN MACAM-MCAMNYA

IBADAH
      Ibadah adalah hakikat dan tujuan penciptaan jin dan manusia,
Dalam Q.S. 56 (Ad-Dzariat : 56)
وما خلقت الجن والإنس الا ليعبدون
Artinya : “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKu”.
Ayat ini menegaskan bahwa tujuan Allah menciptakan manusia adalah untuk beribadah hanya kepadaNya.
1. Pengertian Ibadah
Ibadah menurut bahasa artinya tunduk dan merendahkan diri.
        Menurut istilah ibadah adalah sebutan yang mencakup seluruh apa yang di ridhoi Allah SWT,baik perbuatan maupun ucapan, yang zhahir maupun batin.
2. Macam-macam Ibadah
                        Secara umum ibadah dapat di bagi menjadi 2 macam.
1. Ibadah Mahdhoh
Yaitu jenis ibadah yang di syariatkan dan tata caranya sudah di tetapkan oleh Al-Qur’an maupun Hadist yang tidak boleh di tambah atau di kurangi. Seperti sholat,puasa, zakat,haji,dll.
        2.  Ibadah Ghoiru Mahdhoh
                        Ibadah ghoiru mahdhoh adalah ibadah yang disyari’atkan, namun tata cara pelaksanaannya tidak di tentukan waktu maupun jumlahnya. Seperti shodaqoh sunnah, membaca Al-Qur’an, dan mu’amalah sesama manusia.
            Dari 2 macam ibadah diatas, ibadah-ibadah juga memilki beberapa kategori, tergantung di tinjau dari dominasi anggota badan yang melaksanakannya.
Kategori-kategori ibadah itu adalah :
1. Ibadah I’tiqodiyah (keyakinan)
Ibadah I’tiqodiyah adalah ibadah yang berhubungan dengan keyakinan dan keimanan, seperti iman kepada rukun iman, dan iman kepada yang ghaib
2. Ibadah Qolbiyah (ibadah hati)
Ibadah qolbiyah adalah amalan-amalan ibadah yang lebih banyak dilakukan dengan hati, yang tidak boleh di tujukan dan dimaksudkan kecuali hanya kepada Allah. Seperti Hubb (cinta), Tawakkal, Sabar, Khauf (takut), Roja’ (berharap) dan taubat.
3. Ibadah Lafzhiyah
Ibadah lafzhiyah adalah amalan-amalan ibadah yang lebih banyak dilakukan dengan lisan. Seperti mengucap kalimat-kalimat thoyyibah, dzikir dan membaca Al-Qur’an.
4. Ibadah Jasadiyah (badan)
Ibadah jasadiyah adalah amalan-amalan ibadah  yang lebih banyak dilakukan dengan badan/jasad seperti ruku’, sujud, thawaf dll.
5. Ibadah Maliah (harta)
Ibadah maliah adalah amalan-amalan ibadah  yang lebih banyak dilakukan dengan sarana harta benda dan kekayaan. Seperti zakat, infaq dan shodaqoh, dll.
Walaupun ibadah diatas dikategorikan sesuai dominasi yang melakukannya, namun ibadah-ibadah itu dapat juga di lakukan dengan gabungan anggota badan yang melakukannya, contoh Ibadah Haji adalah hati harus meyakini bahwa haji adalah wjib bagi yang mampu, saat ibadah haji lisan terus mengumandangkan kalimat talbiyah (            لبيك اللهم لبيك     ) anggota badan melakukan amalan-amalan haji, dan
tentunya harta juga memegang peranan penting, sebagai ongkos dan bekal baik untuk yang pergi maupun untuk yang di tinggalkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar